Selasa, 31 Januari 2023

review CARA A. M. P. U. H. MEREBUT HATI MURID...



Nama : Rika ramadani

kelas     : IX D (9D) 

Judul buku:cara ampuh merebut hati murid

Penulis       : Joko wahyono

Penerbit     : Erlangga

Jumlah halaman : 152 lembar

lama membaca   : 1minggu

                               Diasah

Daya tarik, intisari, amanat, saran, hikmah

               


DAYA TARIK
saya tertarik dengan buku ini karena  cerita cerita seorang guru yang baik kepada murid muridnya untuk menjadi murid yang baik

INTISARI 

pada halaman 63 dalam Bab5 yang berjudul pandai membina hubungan baik... dalam bab ini menceritakan tentang seorang murid yang sangat rajin menjadi pemalas karena rasa kecewa... "murid klas2SMA bernama ALDO dia berusia 17th, dia dikenal sebagai anak yang rajinDan ber prestasi.. suatu hari ketika mengikuti plajaran bahasa inggris dari " bu Hesti ", ALDO  terlihat sering menguap, dan wajahnya sangat lusuh. bu hesti menckba menahan diri agar tidak menegur perbuatan ALDO.., namun karna ALDO terus-menerus menguap, " bu hesti akhirnya tersinghung karna ALDO dianggap tidak menghargainya, lalu, "Bu hesti" menegurnya dengan keras"ALDO, ibu sejaktadi melihat kamu terus menguap dan menguap kalo tidak suka dengan plajaran ibu, silakan keluar!.”tegur bu Hesti.Aldo yangmerasa mendapat perlakuan kasar dari gurunya, keluar kelas dan meninggalkan sekolah..dia lantas tidak masuk sekolah bberapa hari. mengapa aldo terus menerus menguap?.. tidaka ada yang tau sebabnya. bu hesty tidak menggali informasi tentang kondisi aldo yang sebenarnya. dari guru bimbingan konseling kemudian permasalahan aldo terungkap. ternyata aldo mrngantuk karena tidak tidur. dia merawat ibunya dirumah sakit, malam sebelumnya ibunya dibawa kerumah sakit karena demam tinggi dan masih dalam observasi dokter. ayah aldo sedang bertugas diluar kota aldo adalah anak pertama, diantara tiga saudara, ayahnya mengandalkan dia.. awalnya dia ingin meminta izin untuk tida masuk skolah.. namun, karena tidak ingin tertinggal mata plajaran bahasa Inggris yang diisukainya, dia memaksakan diri masuk skolah walaulun kondisinya sedang tidak prima.setekah kejadian tersebut, aldo tidak lagi emnyukai bu hesty, juga plajaran bahasa inggris. ada saja alasan untuk menghindar plajaran tersebut. bu hestipun kehilangan seorang anak yang rajin dan ber prestasi di kelasnya. 

AMANAT

Amanat dalam cerita tersebut adalah,.. sebelum kita  menilai orang lain dari luarnya.. sebaiknya kita menggali informasi terlebih dahulu... agar tidak menjadikan kesalah pahaman.. 

SARAN

Saran saya adalah, seharrusnya bu hesty menggali informasi terlebih dahulu sebelumm memutuskan mengeluarkan aldo dari kelas, keputusan dan langkah yang di ambilnya pasti akan berbeda lalu, bagaimana cara menggali informasi? tentu saja melalui komunikasi. dengan berkomunikasi, informasi dapat digali sebelum mengambil keputusan. 

HIKMAH

berpikir positiflah dalam melakukan hal apapun... jangan mempunyai pikiran negatif apalagi tidak memiliki bukti bukti kuat atau tidak menggali informasi terlebih dahulu nanti ujungnya akan menjadikan kesalah pahaman. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stop Bullying Dan Profile Rika Ramadanii

Stop Bullying Dan Profile  Rika Ramadanii doanload pamplet bulying doanload pamplet profil